Tips Untuk Menjaga Kesehatan Hati Anda - SitusMW Sehat

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Hati Anda - SitusMW Sehat


Tips Untuk Menjaga Kesehatan Hati Anda - AGEN POKER TERBAIK


Hati merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh yang berfungsi untuk memfiltrasi darah yang berasal dari saluran pencernaan; memetabolisme berbagai nutrisi, obat-obatan, alkohol, dan berbagai zat lainnya; serta membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh.
Selain itu, hati juga turut berperanan dalam pembentukan protein dan cairan empedu di dalam tubuh. Empedu merupakan salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh untuk mencerna lemak. Organ ini juga turut berperan dalam proses pengeluaran bilirubin, suatu zat berbahaya yang berasal dari penghancuran sel darah merah.
Akan tetapi, karena semua hal yang Anda konsumsi akan masuk ke dalam hati, maka hati juga merupakan salah satu organ yang paling rentan terhadap paparan berbagai jenis racun seperti pestisida, hormon, pengawet makanan, alkohol, obat-obatan, mikroorganisme, dan berbagai hal lainnya. 
Hati akan mengubah berbagai zat berbahaya ini menjadi tidak terlalu berbahaya atau memastikan bahwa berbagai zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh akan dikeluarkan seluruhnya dari dalam tubuh. 
Akan tetapi, karena beberapa jenis zat racun akan tetap tertinggal di dalam hati, maka kerusakan sel-sel hati pun tidak dapat dihindari. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menjaga kesehatan hati Anda.

    •    Sebisa Mungkin Pilihlah Makanan Organik
Apa yang Anda makan sangat menentukan bagaimana keadaan kesehatan hati Anda. Hal ini terutama karena berbagai jenis makanan saat ini telah terkontaminasi oleh pestisida, hormon, dan berbagai pengawet dan pewarna kimiawi.
Dengan mengkonsumsi makanan organik, maka Anda pun dapat terhindari dari berbagai zat racun di atas yang dapat membantu menjaga kesehatan organ hati Anda. Makanan organik adalah makanan alami yang tidak dibuat berdasarkan modifikasi genetika; tidak mengandung pestisida dan pupuk sintetis; tidak mengandung antibiotika, hormon, dan berbagai jenis obat-obatan lainnya.



    •    Batasi Konsumsi Gula, Makanan yang Digoreng, dan Makanan Olahan
Lemak trans dan fruktosa (gula) merupakan 2 hal yang dapat membuat kerja organ hati Anda menjadi lebih berat. Lemak trans dapat ditemukan pada berbagai jenis makanan yang digoreng, seperti kentang goreng, donut, biskuit, dan berbagai jenis makanan olahan lainnya. Jika salah satu komposisi makanan tersebut adalah hydrogenated atau partially hydrogenated oil, maka hal ini berarti bahwa makanan tersebut mungkin mengandung sejumlah lemak trans.
Fruktosa merupakan suatu jenis gula yang juga banyak ditemukan pada berbagai jenis makanan dan minuman olahan seperti minuman bersoda dan jus buah. Menurut sebuah penelitian, diet yang terdiri dari makanan tinggi fruktosa dan tinggi lemak trans dapat menyebabkan terjadinya obesitas dan perlemakkan hati (fatty liver).

    •    Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran
Mengkonsumsi banyak buah dan sayuran dapat membantu menjaga kesehatan hati Anda, terutama berbagai jenis makanan yang mengandung banyak sulfur seperti bawang Bombay, bawang putih, brokoli, kale, Brussels sprout, kol, kembang kol, dan sebagainya. Makanan ini diduga dapat membantu proses detoksifikasi tubuh yang dilakukan oleh hati, termasuk mengeluarkan berbagai zat sisa metabolisme obat dan pestisida.
Selain itu, sayuran juga mengandung banyak serat, yang dapat membantu mempermudah proses pengeluaran zat beracun dari dalam saluran pencernaan, yang tentu saja membantu kerja hati. Kunyit, kayu manis, dan licorice juga dapat membantu menjaga kesehatan hati.

    •    Batasi Jumlah Minuman Beralkohol yang Anda Konsumsi
Alkohol dapat membunuh sel-sel hati yang sehat dan menyebabkan kerusakan hati, yang dapat berujung pada terjadinya perlemakkan hati, peradangan hati, dan bahkan sirosis hati. Jadi, jika Anda telah mengalami gangguan hati, maka mengkonsumsi sedikit saja minuman beralkohol dapat membuat keadaan hati Anda semakin memburuk.

    •    Gunakanlah Produk Alami
Semakin banyak Anda terpapar oleh bahan kimiawi, maka semakin beratlah kerja hati Anda. Oleh karena itu, pilihlah berbagai produk pembersih alami.

    •    Konsumsi Obat Sesuai Anjuran Dokter
Menggunakan berbagai jenis obat-obatan dengan cara yang tidak benar, misalnya tidak sesuai dengan dosis yang dianjurkan atau terlalu lama mengkonsumsi suatu obat atau menggunakannya bersamaan dengan zat lainnya seperti alkohol atau obat-obatan lainnya; dapat mengganggu kesehatan hati Anda. 

    •    Berolahraga Secara Teratur
Berolahraga merupakan salah satu cara yang dapat langsung menurunkan resiko terjadinya perlemakkan hati karena tidak hanya dapat membantu menjaga berat badan, berolahraga juga dapat membantu menjaga kesehatan hati Anda secara langsung. Sebuah penelitian menemukan bahwa berolahraga selama setidaknya 150 menit setiap minggunya dapat membantu menurunkan kadar enzim hati, yang tentu saja juga menandakan perbaikan fungsi hati.

    •    Berhenti Merokok
Merokok dapat mengganggu kemampuan hati untuk memetabolisme dan mengeluarkan berbagai jenis zat racun dari dalam tubuh. Selain itu, merokok juga dapat memperburuk kesehatan hati yang telah mengalami gangguan akibat konsumsi minuman beralkohol.



Sumber: cncahealth






Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

SITUSMW SEHAT - 4 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

4 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan - AGEN POKER TERBAIK SITUSMW SEHAT - 4 Makanan Terbaik u...

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Template Information

Recent Posts

Unordered List

Sample Text

Pages

Theme Support